Sejarah dan Sejarawan (adalah) Milik Masyarakat

Rangkaian kejadian demi kejadian, entah satu detik yang lalu, satu menit, satu hari, satu bulan, satu tahun, bahkan satu abad yang lalu merupakan sejarah. Sejarah menceritakan berbagai peristiwa yang pernah dialami oleh manusia. Manusia yang bertugas untuk membawa masa lalu sekaligus menarasikannya dalam sebuah tulisan adalah sejarawan.

Siapapun orangnya, apapun profesinya, selama ia menggeluti sejarah, maka ia layak disebut sejarawan. Seperti itulah kata Pak Kuntowijoyo, salah satu sejarawan Indonesia. Kata “sejarawan” bukan hanya diperuntukkan secara khusus bagi seseorang yang pernah mengenyam pendidikan kesejarahan di lingkungan akademik, semisal kampus, melainkan semua masyarakat kebanyakan dapat menjadi seorang sejarawan.

Sejarah milik masyarakat. Setiap masyarakat beserta kehidupan mereka sehari-hari layak untuk diangkat menjadi sebuah narasi sejarah. Karena sejarah milik masyarakat, maka sudah tugas utama sejarawan menuliskan mengenai sejarah masyarakat kebanyakan, sejarah kehidupan mereka sehari hari. Tinggalkan anggapan bahwa sejarah adalah milik elite, orang-orang lapisan atas. Tinggalkan anggapan bahwa hanya seseorang yang pernah mengenyam pendidikan kesejarahan di lingkungan universitas-lah yang berhak menjadi sejarawan. Ingat, sejarah adalah milik masyarakat dan sudah semestinya setiap masyarakat dapat menjadi seorang sejarawan. Dengan begitu, paling tidak setiap masyarakat yang bersangkutan, dapat menuliskan sejarah masyarakatnya sendiri.

Hiduplah bersama masyarakat. Berbangga diri dengan julukan “sejarawan” bukanlah solusi. Berbangga di atas menara gading bukanlah tujuanmu. Tujuanmu adalah memahamkan masyarakat tentang sejarahnya.

Pagi hari yang cerah di desa Pogung Rejo,

Muhammad Anggie Farizqi Prasadana

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s